[ Cari apa? ]

Bangka Belitung

Provinsi Bangka Belitung (atau Babel) terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Namun di provinsi kepulauan ini juga masih terdapat ratusan pulau-pulau kecil lainnya. Total luas wilayahnya mencapai 18.725,14 km2. Jumlah kabupaten dan kota di provinsi ini 7, yang terdiri dari 6 kabupaten dan 1 kota. Sebelumnya Bangka Belitung termasuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Pemerintahan Bangka Belitung baru resmi disahkan pada 9 Februari 2001. Penduduk wilayah provinsi bekerja di sektor pertanian, pertambangan dan perdagangan.

Provinsi ini berbatasan dengan Laut Natuna di utara dan Laut Jawa di selatan. Sementara di timur wilayahnya berbatasan dengan Selat Karimata dan di barat Selat Bangka. Ada beragam etnis yang tinggal di provinsi ini antara lain Suku Melayu yang mencapai 71,89%, Tionghoa (11,10%), Jawa (5,82%), Bugis (2,69%) serta suku-suku lainnya 7,39%. Kerukunan hidup antar etnis terjaga dengan baik di provinsi ini. Bahasa Melayu merupakan bahasa yang paling dominan di Babel. Namun mengingat ragam etnis yang ada, bahasa lain seperti Jawa dan Mandarin juga digunakan sebagian penduduknya.

Bangka Belitung dulu dikenal sebagai penghasil tambang timah terbesar yang dikirim ke negara-negara seperti Perancis, Jerman, Amerika Serikat, Cina, Taiwan, dan Korea Selatan, yang membuat daerah ini penyumbang devisa terbesar. Kini Provinsi Babel tengah giat mengembangkan potensi pariwisata, termasuk mengubah bekas lokasi penambangan menjadi kawasan wisata sekaligus merehabilitasi ekosistem lingkungan yang rusak akibat aktivitas penambangan.

Kabupaten/Kota yang berada di provinsi Bangka Belitung:

Wisata desa

KAB. BELITUNG TIMUR

View More

KAB. BELITUNG TIMUR
Not rated 0 Review
KAB. BELITUNG
Not rated 0 Review
KAB. BANGKA
Not rated 0 Review
KAB. BELITUNG
Not rated 0 Review

View More

KAB. BELITUNG TIMUR
28%
Pelangi Cafe
KAB. BELITUNG
KAB. BELITUNG TIMUR

View More